ESTIMATED READING TIME: Tulisan kali ini akan punya format yang sangat panjang, jadi pas mau baca usahakan untuk ditemani satu cangkir teh hangat, kopi ataupun minuman dingin, sesuai selera aja hahaha.

SPOILER ALERT: Tulisan ini gue dedikasikan untuk ASUS dan Om Yahya yang mengadakan lomba blog untuk ASUS Expertcenter & Expertbook. Tetapi selain itu tulisan ini gue bikin sebagai jawaban untuk pertanyaan yang gue dapetin di LinkedIn tentang pekerjaan gue sebagai konsultan.

——

Gue jarang-jarang ngobrolin soal pekerjaan di blog ini apalagi di social media. Bekerja sebagai seorang konsultan di sebuah PR Agency somehow membuat gue untuk tidak bisa menampilkan banyak hasil dari pekerjaan gue, sehingga tidak banyak yang memang bisa gue obrolin dan gue tampilkan. Apalagi akhir-akhir ini gue banyak terlibat dengan project PR Crisis Communication yang memang tidak boleh dibuka informasinya ke orang banyak.

Tetapi kemarin gue sempat mendapat pertanyaan lewat private message LinkedIn. Pertanyaannya apa kriteria untuk menjadi seorang konsultan di PR Agency yang punya banyak hub seperti perusahaan gue ini. Dan sepertinya kok sayang kalo gue tulis lewat LinkedIn doang, jadi sekalian gue tulis di sini yah tipsnya.

Dapat Diandalkan

Dapat dipercaya atau diandalkan ini pada dasarnya berarti kamu akan melakukan persis seperti yang kamu janjikan untuk dilakukan dan ketika kamu mengatakan akan melakukannya.

Kedengarannya sederhana kan? Tapi ini adalah tips utama yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas antara tim dan klien kamu.

Tips ini berlaku di semua stage karir kamu. Misalnya, di awal karier kamu sebagai Junior Consultant, tim akan bersandar pada kamu untuk mendapatkan support di banyak  on ground work seperti membuat mencari data, membuat catatan project ataupun membuat draft deck presentasi yang sudah dibrief oleh atasan dan dibutuhkan untuk tim.

Penting buat kamu untuk dapat melakukan tugas-tugas ini tanpa banyak kesalahan sesuai brief dari atasan maupun klien. Semakin sedikit man hour atasan yang dibutuhkan untuk mengecek pekerjaan kamu = kredibilitas kamu akan semakin naik = soft dan hard skill dalam pekerjaan akan bertambah kuat.

Pastikan kamu untuk menepati timeline pekerjaan yang sudah disepakati, konsisten dengan hasil kualitas pekerjaan, dan menguasai keterampilan dasar untuk membuat deck presentasi PowerPoint ataupun tools lainnya.

Semakin banyak kepercayaan dan hasil pekerjaan yang baik kamu bangun sedari dini berarti semakin banyak juga peluang yang akan terbuka untuk kamu di masa yang akan datang.

Jadi untuk dapat diandalkan ini, gue juga percaya dengan si ExpertCenter D500SA ini?

Kenapa?  Coba liat deh bentuknya di bawah ini.

 

Dengan tinggi yang bahkan lebih kecil dibandingkan dengan sebuah monitor yang digunakan (yang kira-kira besarnya antara 20 – 25 inchi), ExpertCenter D500SA ini masih bisa membawa RAM DDR4 hingga 64GB.

Kalau mau dibayangkan secara mudah, 64GB DDR4 RAM itu biasanya tersemat pada sebuah the best Personal Computer (kemudian disebut PC) untuk seorang heavy gamer. PC untuk seorang gamer itu memang work loadnya sangatlah berat di luar kemampuan PC pada umumnya.

Jadi jika ExpertCenter D500SA mempunyai kemampuan seperti itu, dapat dibayangkan walaupun bosdynya ringkas tetapi ExpertCenter D500SA tetap bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan task list dalam bidang profesional kamu. Dengan bentuknya yang compact, ExpertCenter D500SA ini fleksibel mengikuti sesuai ketersediaan space penggunanya. Bayangkan kamu seorang founder sebuah perusahaan start up yang dananya masih berasal dari diri sendiri (atau disebut bootstraps) sehingga kamu hanya bisa bekerja di area yang terbatas, ExpertCenter D500SA ini bisa ditempatkan dalam ruangan yang kecil sekaligus bisa menjadi mesin pengolah data yang powerful.

Ngobrolin data, ExpertCenter D500SA dapat menyimpan data up to 5TB (kalau tidak terbayang, itu setara dengan 5,000GB). Gila kan masifnya?

Dengan ExpertCenter D500SA sih kamu bakal tenang untuk menyimpan dan membuat back up data pekerjaan apapun di dalam sini tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan. Up to 5TB itu gila sih kalau dipikir-pikir karena sampai sekrang semua data pekerjaan saya selama bertahun-tahun kalau dikumpulkan paling hanya menyentuh angka 1TB.

Memperhatikan Detil

Kriteria selanjutnya yang wajib dimiliki oleh seorang konsultan adalah perhatian dengan detail!

Soft skill ini tidak boleh tidak dimiliki atau dibaca menjadi sebuah keharusan karena perhatian dengan detail menjadi  sangat penting dalam membangun kepercayaan dengan klien. Hasil perkerjaan yang bebas kesalahan menunjukkan bahwa kamu teliti dan membuat rekomendasi yang diajukan tampak solid.

Memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau penghitungan dalam pekerjaan konsultan itu penting karena pada akhirnya mencerminkan performa tim secara keseluruhan.

Ada beberapa  tips untuk menunjukkan soal detail ini kepada klien, salah satunya jangan takut untuk berbicara soal angka ketika memang hasil perkerjaanmu berputar seputar hal tersebut. Pengalaman dalam mempresentasikan angka-angka ini akan membantu kamu untuk menunjukkan kapabilitasmu ke atasan maupun klien bahwa  langkah-langkah yang kamu ambil atau kamu rekomendasikan sudah melalui data-data yang valid.

Tips kedua yang bernada sedikit OCD  adalah membuat kebiasaan untuk memeriksa ulang sebelum mengirimkan hasil pekerjaan apa pun baik skala besar maupun kecil. Misalnya saja memiliki daftar check-off PowerPoint yang menyertakan item seperti menambahkan nomor halaman ke setiap slide, menghitung ulang semua nomor, dan memastikan font yang konsisten digunakan di seluruh halaman. Percayalah gaes, soal konsistensi ukuran font itu penting atau siap-siap didamprat atasan kalau kamu missed hal ini. Kalau atasan kamu baik hati seperti gue (ceileh) paling cuma dievaluasi hasil pekerjaanmu tapi tetep itu bikin atasan kamu menghabiskan waktu lebih banyak (lirik hasil review deck yang barusan gue selesein).

Soal detail, jangan remehkan ExpertCenter D500SA! Walaupun kecil tapi lihat saja detil-detil yang dibutuhkan oleh pengguna dan tersemat di badannya.

Untuk port utama yang dibutuhkan pengguna seperti audio port, card reader sampai disk drive ditempatkan di muka sehingga memudahkan pengguna. Sisanya ditempatkan di bagian belakang karena mostly memang pengaturan kabel-kabel tersebut ada di bagian belakang.

Memang PC mempunyai struktur yang berbeda dengan laptop karena harus menyediakan banyak port untuk memenuhi pengguna yang kebanyakan digunakan untuk bisnis, terutama bagi pengguna ExpertCenter D500SA. Walaupun ExpertCenter D500SA mempunyai bodi yang ringkas namun semua kebutuhan pengguna terpenuhi dari Driver Bay sampai Smart/SD Card Reader. Tidak banyak loh PC yang mempunyai card reader sebagai fitur utamanya.

Lihat deh image fitur-fitur di atas, kurang detil apalagi si ExpertCenter D500SA ini.

Objective Untuk Mencapai Sesuatu

Selama beberapa tahun di awal karir kamu dalam dunia konsultasi, kamu mungkin dan bisa berpindah-pindah industri, area pekerjaan, apalagi jenis industri si klien. Terlepas dari pengalaman kamu yang luas karena perpindahan tersebut, ada baiknya untuk mempunyai objective di awal bidang profesi yang akan kamu jalankan secara stabil di usia 30 misalnya. Mulailah mengembangkan skill sedini mungkin yang bisa membedakan diri kamu dari semua rekan-rekan kerja yang mungkin punya skill yang wow sekali.

Meskipun menjadi yang terbaik dalam penguasaan pekerjaan yang menggunakan tools semacam Excel, Word atau PowerPoint, seorang konsultan harus juga memiliki bidang yang benar-benar mereka kuasai yang tampaknya tidak dimiliki orang lain. In this case buat gue, penguasaan dan pengalaman di dunia digital.

Seluruh pengalaman gue di dunia digital sejak 2008 baik untuk hobby dan pekerjaan  yang gue kumpulkan membuat gue punya banyak opsi solusi yang dapat diberikan untuk kebutuhan klien. Klien kantor karena pandemi, hampir semua kebutuhan konsultasinya semua pasti berhubungan dengan dunia digital. Sesimpel kebutuhan dengan media, hampir banyak media yang sekarang memindahkan bisnisnya dalam bentuk digital.

Sederhananya, Willing To Do More untuk membangun skill profesional kamu.


Kekuatan untuk melakukan sesuatu yang lebih tercermin pada design ruang di dalam ExpertCenter D500SA.

ExpertCenter D500SA mempunyai design bagian dalam yang cerdas untuk memberikan ruang maksimum dengan bodi ringkasnya. Casing dengan baja dalam bagian dalam memungkinkan ExpertCenter D500 menampung hingga empat perangkat penyimpanan, slot PCIe memungkinkan untuk penambahan ataupun upgrade kartu grafis hingga penambahan konektivitas WiFi, dan port I / O dengan sangat mudah.

Jadi ExpertCenter D500 dengan kemudahan konfigurasinya membuat kamu punya Power To Do More!

Selalu Berpikir Sebelum Melakukan Sesuatu

Seperti yang gue mention di atas, hampir semua konsultan mempunyai tipe kepribadian kelas A dengan berbagai macam ambisi yang membuatnya cukup untuk bertahan dalam dunia karirnya. Namun yang membedakan seorang konsultan yang baik adalah kemampuannya untuk tidak hanya fokus untuk menyelesaikan tugas yang ada, tetapi juga untuk berpikir kritis.

Misalnya kamu punya role sebagai konsultan dalam dunia fast moving consumer goods (atau lebih dikenal dengan istilah FMCG) dan klien meminta kamu untuk menemukan solusi untuk melakukan penghematan biaya dalam produksi. Pertama-tama, pasti kamu akan mencoba untuk memahami mengapa hal tersebut penting bagi bisnis klien. Apakah keuntungan klien menurun? Apakah persaingan dengan kompetitor untuk menurunkan harga produk, memaksa klien Anda untuk bersaing?

Mempunyai cara berpikir yang luas seperti ini akan membantu kamu untuk mengembangkan wawasan dan solusi yang lebih baik untuk klien.  Meluangkan waktu ekstra untuk memikirkan brief yang didapatkan sebelum mencoba membuat solusinya, mostly akan bisa memberikan dan menunjukkan sesuatu yang lebih ke atasan dan klien kamu.

Nah, ASUS sebagai produsen ExpertCenter D500 sudah memikirkan lebih jauh penggunaan PC ini sebelum digunakan oleh calon pengguna.

Expert Series PC dari ASUS ini dibuat dengan sangat kokoh dan sudah melewati ujian untuk kebutuhan industri yang paling demanding sekalipun. ExpertCenter D500 sudah melewati ujian dengan standar militer Amerika MIL-STD-810G dan tentunya pengujian internal yang ketat. Tes-tes seperti seperti vibration test, shock test, humidity & temperature test hingga package drop test (bayangkan PC ini ketika dikirim mendapat guncangan dalam perjalanan) membuat ExpertCenter D500 menjadi PC yang sangat aman untuk data berharga kamu walaupun mendapatkan guncangan kecil baik dalam penggunaan di kantor maupun ketika sedang dalam pengiriman dan mendapatkan kondisi yang paling ekstrim yang dapat dibayangkan.

Mengelola Sumber Daya

Dalam dunia konsultasi, kamu sangat mungkin untuk diminta memecahkan masalah yang mungkin sama sekali belum kamu kenal isunya atau bahkan sama sekali baru untuk klien kamu. Dan saat kamu dihadapkan pada situasi yang menantang ini, supporting sumber daya yang cukup akan membuat kamu berbeda dengan konsultan pada umumnya. Misalnya dalam dunia komunikasi, klien memberikan ingin mempunyai bentuk launching yang berbeda dengan kompetitor lainnya sehingga mempunyai support creative team yang baik tentu saja sangat membantu untuk memberikan ide-ide untuk brief macam itu.

Jangan lupa supporting sumber daya ini termasuk saat kamu membutuhkan bantuan. Jangan segan untuk mendekati tim dan manajer kamu terlebih dahulu, baru kemudian mendekati rekan kerja di luar tim dan mungkin sumber daya eksternal lain dalam network kamu.

Kalau buat gue, pasti ada orang lain yang pernah melakukan apa yang gue coba pikirkan solusinya dan dapat memberikan feedback buat ide gue yang gue punya. Endurance menjadi hal yang penting bagi seorang konsultan, endurance itu berarti tidak menyerah terlalu cepat, kreatif dalam upaya penelitian terhadap isu, dan menunjukkan kepada tim bahwa kamu bersedia melakukan apa pun untuk mencapai objective tim.

 

Untuk mengelola sumber daya, ASUS menyematkan ASUS Control Center dalam ExpertCenter D500.

ASUS Control Center adalah sebuah dashboard untuk melakukan melakukan manajemen jarak jauh, pemantauan perangkat keras dan perangkat lunak. Melalui ASUS Control Center pengelola sistem kantor dapat melakukan penjadwalan task list melalui dashboard berbasis web yang friendly user sehingga mudah untuk digunakan. Kemudahan lain yang diberikan, administrator sistem juga dapat mengelola aset perusahaan dengan mudah melalui satu portal saja.

Selain ASUS Control Center, di dalam ExpertCenter D500 juga disematkan ASUS Business Manager.

ASUS Business Manager adalah sebuah platform berbasis PC yang membantu untuk mengelola PC tersebut. Fitur dalam ASUS Business Manager ini termasuk untuk mengontrol pergerakan data pemblokir USB, jalur belakang sistem untuk memulihkan sistem ke status optimal, serta menyediakan partisi virtual terenkripsi untuk menyimpan data-data penting dan rahasia kamu.

Dengan semua fitur di atas, pengelolaan sumber daya dan data kamu di ExpertCenter D500 dijamin aman.

Tidak Takut Untuk Bertanya

Mengajukan pertanyaan adalah salah satu core dari cara kerja seorang konsultan.  Mengajukan pertanyaan bisa membantu untuk lebih memahami apa yang diminta oleh atasan atau klien dan isu yang mereka hadapi. Pertanyaan yang diajukan juga dapat membantu untuk menunjukkan pemahaman kamu terhadap sebuah isu.

Rules: Jangan pernah takut untuk meminta sebuah klarifikasi atas sebuah brief yang didapatkan! Bertanya atau mengkonfirmasi brief yang diberikan lebih baik daripada kamu sudah melakukan sesuatu tetapi at the end outputnya tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Meskipun kamu tidak memiliki pertanyaan tapi nyatakan kembali pemahaman yang kamu dapatkan untuk mengklarifikasi hal tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu untuk menyelesaikan task list yang diberikan.

Dan untuk mengajukan pertanyaan maupun konsultasi sehubungan dengan perangkat ASUS kamu, ambillah ASUS Service Package.

Dengan ASUS Service Package kamu juga bisa bertanya kapan saja ketika membutuhkan solusi yang bahkan melampaui garansi standar untuk memenuhi kebutuhan teknologi bagi kantor dan bisnis kamu. ASUS Service Package akan melindungi perangkat keras dan memberikan kenyamanan untuk solusi layanan yang paling sesuai dengan objective bisnis kamu.

Layanan ASUS Service Package termasuk 24/7 call service ketika kamu membutuhkan konsultasi yang berhubungan dengan perangkat ASUSmu, MyASUS app akan memberikan kemudahan akses untuk berhubungan dengan Customer Service, MyASUS app juga akan memberikan informasi status perbaikan device ASUS kamu, layanan door to door untuk mengambil perangkat ASUSmu, perpanjangan garansi perangkat, terdaftar untuk menerima perlindungan kerusakan akibat kecelakaan selama satu tahun perangkat hingga perlindungan terhadap hard drive perangkat ketika digantikan (buat yang suka ganti hard drive pasti tau betapa ribetnya pemindahan data selama pemindahan hard drive dilakukan).

Konklusi

Dari semua tips menjadi konsultan yang baik plus alasan kenapa ExpertCenter D500SA cocok untuk mendukung bisnismu, sudah terlihat bahwa dari segala sisi ExpertCenter D500SA memang cocok untuk kebutuhan bisnis dalam skala apapun.

Dari seorang founder start up yang bisnisnya masih kecil dan mempunyai model boot strap yang berkantor di sebuah garasi rumahnya sendiri atau menyewa meja dan sebuah working space, ExpertCenter D500SA yang compact ini bisa membantu untuk mencapai objective sang founder dkk dengan ruang untuk kegiatan bisnis yang terbatas.

Atau untuk mendukung kegiatan bisnis kantor yang besar? Si ExpertCenter D500SA juga bisa menyesuaikan dengan upgrade-upgrade fitur yang disediakan sampai layanan service yang tidak akan mengganggu kegiatan operational keseharian kamu.

Tambahan lain yang bisa menjadi poin positif lain di luar kebutuhan bisnis, ExpertCenter D500SA juga termasuk eco friendly product.

ASUS dalam komitmennya untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan lebih baik, mengadopsi persyaratan lingkungan yang ketat di semua tahap siklus hidup produk dalam Expert Series PC ini. Expert Seties PC juga mengoptimalkan penggunaan energi (baca listrik) untuk menurunkan biaya pengoperasian dalam jangka panjang. Keren kan?

Jadi pengguna ExpertCenter D500SA dalam jangka panjang akan diuntungkan mau dilihat dari sisi operational maupun supportnya terhadap bisnis dan pekerjaan hingga lingkungan.

Hopefully my tips useful for you and have a lovely work days folks!

 

 

By Didut

4 thoughts on “6 Tips Menjadi Konsultan Handal Dan 6 Alasan ExpertCenter D500SA Cocok Untuk Bisnismu”
  1. imho, hanya di poin pertama yg nggak jump in to the product. yg selanjutnya kurang bridging sikit biar nggak tau2 kok bahas pc sih padal tadinya bahas topik lain.

    over all, aku jadi paham sama pekerjaanmu, mas 😀

    1. Hahahahaha thank youh buat masukannya.
      keknya itu efek ngantuk tengah malam karena ini tulisan aku bikin di antara jam 22:00 sampe jam 01 pagi hahahahahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *